Entri Populer

Selasa, 14 Desember 2010

Syarat-syarat jadi pramugarii.........

Tanya Jawab

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada kami. Apabila anda memiliki pertanyaan yang belum ada jawabannya di halaman ini, jangan ragu untuk

Tentang Pendaftaran

Kapan pendaftaran pelatihan dibuka?

Setiap saat. Anda dapat mendaftarkan diri sebagai calon peserta pelatihan di Sekar Gegani kapan saja anda ingin mendaftar.

Kapan program pelatihan dimulai?

Pada bulan Juli dan Desember setiap tahunnya. Periode pertama dimulai pada awal bulan Juli, sedangkan periode kedua dimulai pada awal bulan Desember. Baik Program Pramugari Pramugara maupun Program Ground Staff dimulai pada waktu yang sama.

Apakah ada batasan jumlah peserta pelatihan?

Ya. Jumlah peserta masing-masing program pada setiap kelas dibatasi hanya 20 orang saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar proses pendidikan dan pelatihan berjalan nyaman dan kondusif. Apabila peserta yang diterima melebihi 20 orang, maka pelatihan akan dibagi menjadi beberapa kelas.

Tentang Persyaratan Pendaftaran

Saya kurang lancar berbahasa Inggris, bisakah saya diterima?

Ya. Bahasa Inggris, terutama conversation, diajarkan sebanyak 180 menit/minggu selama 24 minggu bagi peserta Program Pramugari Pramugara dan sebanyak 180 menit/minggu selama 16 minggu bagi peserta Program Ground Staff. Selain diajarkan oleh instruktur yang berkompeten dari Sekar Gegani Training Center, divisi pengajaran bahasa asing milik Sekar Gegani, secara berkala peserta program juga akan praktek berbicara dalam Bahasa Inggris dengan native speaker. Dengan demikian, peserta program diharapkan dapat benar-benar lancar berbicara dalam Bahasa Inggris ketika selesai mengikuti pelatihan di Sekar Gegani.

Gigi saya tidak rapi, bisakah saya diterima di Program Pramugari Pramugara?

Tergantung pada dua hal: Pertama, apakah gigi anda dapat dikoreksi. Kedua, jika dapat dikoreksi apakah anda bersedia untuk mengoreksinya. Kunjungilah dokter gigi anda untuk bertanya apakah gigi anda dapat dikoreksi atau tidak. Jika gigi anda tidak dapat dikoreksi, maka dengan sangat menyesal kami sampaikan bahwa anda tidak dapat mengikuti program pelatihan kami. Namun apabila gigi anda dapat dikoreksi, maka anda harus bersedia untuk mengoreksinya sebelum dan selama program pelatihan dimulai.
Selain dua hal diatas, anda juga harus mempertimbangkan mengenai biaya koreksi dan lama perawatan. Koreksi gigi dapat menjadi tindakan yang sangat mahal untuk dilakukan, tergantung pada tingkat koreksi yang diperlukan. Selain itu, koreksi gigi bisa jadi membutuhkan waktu yang lama. Jika waktu koreksi yang dibutuhkan terlalu lama maka anda harus mempertimbangkan kesempatan pekerjaan yang hilang selama waktu koreksi tersebut.

Saya tidak bisa berenang, bisakah saya diterima di Program Pramugari Pramugara?

Ya. Berenang merupakan salah satu pelajaran wajib yang diberikan di Program Pramugari Pramugara Sekar Gegani. Jika Anda tidak begitu bisa berenang, maka jangan khawatir. Instruktur renang kami akan mengajari Anda hingga Anda mahir berenang. Banyak diantara peserta program yang tadinya tidak bisa berenang sama sekali, menjadi seorang perenang andal setelah belajar berenang saat mengikuti Program Pramugari Pramugara di Sekar Gegani.

Saya mengenakan kacamata/lensa kontak, bisakah saya diterima di Program Pramugari Pramugara?

Pada prinsipnya tidak. Namun jika anda bisa lolos uji Snellen chart tanpa mengenakan kacamata/contact lens, maka anda dapat mendaftar. Silakan kunjungi dokter spesialis mata terdekat untuk menguji kemampuan mata anda dalam membaca Snellen chart.

Kulit saya tidak bersih, bisakah saya diterima di Program Pramugari Pramugara?

Pada prinsipnya ya, akan tetapi hal ini tergantung kepada lokasi dan jenis gangguan pada kulit anda. Dokter Santosa, dokter spesialis kulit dan kelamin yang juga komisaris Sekar Gegani, akan memeriksa kulit anda pada saat tes seleksi untuk menentukan apakah anda dapat diterima atau tidak. Jika anda diterima, maka anda berhak mendapatkan konsultasi pengobatan gratis dengan dr. Santosa (tidak termasuk biaya obat).

Saya terlalu kurus/terlalu gemuk, bisakah saya diterima di Program Pramugari Pramugara?

Pada prinsipnya ya, akan tetapi ada dua hal yang harus anda perhatikan: Pertama, tingkat kelebihan atau kekurangan berat badan anda tidak terlalu jauh dari berat ideal. Kedua, anda harus bersedia untuk mengurangi atau menambah berat badan anda agar mendekati berat badan ideal. Berat badan ideal dapat diketahui dari indeks massa tubuh atau BMI. Jika anda perempuan, maka naikkan/turunkan berat badan anda agar BMI anda antara 18,5-22. Jika anda laki-laki, maka naikkan/turunkan berat badan anda agar BMI anda antara 20-23,5.

Tinggi saya kurang, bisakah saya diterima di Program Pramugari Pramugara?

Pada prinsipnya tidak. Namun jika anda berusia < 18 tahun dan tinggi badan anda hanya kurang 1 (satu) cm dari tinggi minimal yang disyaratkan (160 cm untuk putri dan 170 cm untuk putra), maka anda masih bisa mendaftar. Syaratnya anda harus berusaha ekstra keras untuk menambah tinggi tubuh anda. Dengan suplemen tertentu dan olahraga teratur, tubuh anda masih dapat tumbuh 1-2 cm hingga masa pertumbuhan anda habis pada usia 20-21 tahun.

Tentang Tes Seleksi

Apakah Sekar Gegani melakukan tes seleksi?

Ya. Tes seleksi yang kami lakukan adalah tes kesehatan (urin lengkap, darah lengkap, rontgen dada), tes penampilan (tinggi badan, berat badan, BMI, jangkauan tangan, proporsi tubuh, postur tubuh, kerapian gigi, kebersihan kulit), tes mata (kemampuan penglihatan, buta warna), dan tes wawancara (Bahasa Inggris, pengetahuan umum, komputer).

Apakah tes seleksi harus dilakukan di kampus Sekar Gegani?

Pada prinsipnya ya. Tes seleksi harus dilakukan di Sekar Gegani sebab kehadiran fisik tubuh anda mutlak diperlukan agar tes-tes tersebut diatas, terutama tes penampilan, dapat dilakukan. Namun demikian, khusus untuk tes kesehatan dapat anda lakukan di lab kesehatan terdekat di tempat anda tinggal. Silakan meminta lab kesehatan untuk melakukan tes darah lengkap, tes urin lengkap, serta foto rontgen thorax (dada). Bawalah hasil tes kesehatan pada saat tes seleksi dilakukan.

Kapan tes seleksi dilakukan?

Tes seleksi untuk pelatihan bulan Juli akan dilakukan pada bulan Juni. Tes seleksi untuk pelatihan bulan Desember akan dilakukan pada bulan November.

Tentang Biaya

 


Apakah biaya pelatihan bisa diangsur?

Pada prinsipnya tidak. Biaya pelatihan harus dibayar penuh dimuka sebelum pelatihan dimulai. Namun demikian, kami mempunyai program kompensasi khusus yang diberikan hanya kepada 1 (satu) orang peserta yang paling berhak mendapatkan kompensasi. Syarat, kriteria, dan bentuk pemberian kompensasi akan kami informasikan kepada calon peserta pada saat tes seleksi masuk.

Apakah ada tambahan biaya pendidikan lainnya diluar biaya pelatihan?

Tidak. Biaya pelatihan sudah mencakup seluruh biaya pendidikan dan pelatihan selama program berjalan yaitu biaya pengajaran dalam kelas, biaya OJT, dan biaya seluruh praktek.
Perlu kami sampaikan bahwa biaya pendidikan tidak termasuk biaya hidup Anda selama mengikuti pelatihan dan OJT (kost, makan, transportasi, dsb.) serta biaya untuk mengikuti tes seleksi pekerjaan (biaya pos dan transportasi).

Tentang Perkuliahan

Berapa lama pelatihan di Sekar Gegani dilaksanakan?

Masa pendidikan untuk program Pramugari dan Pramugara adalah 9 bulan. Terdiri dari 6 bulan pelajaran dan 3 bulan praktek kerja (OJT). Sedangkan masa pendidikan untuk program Ground Staff adalah 7 bulan. Terdiri dari 4 bulan pelajaran dan 3 bulan praktek kerja (OJT). Jika sebelum pendidikan anda sudah mendapatkan pekerjaan, maka program pelatihan anda dianggap selesai dan anda berhak menerima sertifikat kelulusan.

Apakah ada praktek kerja lapangan bagi peserta pelatihan?

Ya. Praktek kerja lapangan (PKL) bagi peserta Program Pramugari Pramugara dan Program Ground staff dilakukan selama 3 bulan. Praktek kerja lapangan dilakukan di Bandara Juanda Surabaya dan di Kota Malang. Perusahaan tempat PKL antara lain PT. Gapura Angkasa, PT. Jasa Angkasa Semesta, PT. Garuda Indonesia, PT. Merpati Nusantara Airlines, PT. Sriwijaya Air, PT. Lion Air, serta beberapa perusahaan travel agent swasta. Banyak peserta program pelatihan Sekar Gegani yang direkrut bekerja di perusahaan tempat PKL dikarenakan prestasi PKL yang baik.

Saya berencana untuk bekerja sambil mengikuti pelatihan. Apakah waktu pelatihan fleksibel?

Tidak. Waktu pelatihan di Sekar Gegani telah disusun secara rapi dan teratur. Pendidikan dan pelatihan untuk Program Pramugari Pramugara dilakukan setiap hari Senin hingga Sabtu, pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB. Pada hari-hari tertentu, pendidikan dan pelatihan dilakukan diatas jam 14.00 WIB. Pada Program Ground Staff, pendidikan dan pelatihan lebih banyak dilakukan pada siang hingga sore hari, pukul 14.00 hingga pukul 18.00 WIB.
Anda dapat saja bekerja sambil mengikuti pelatihan, akan tetapi pastikan bahwa anda tetap dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan secara disiplin. Tingkat kehadiran dan kedisiplinan anda merupakan faktor penilaian yang sangat penting saat mengikuti pendidikan dan pelatihan di Sekar Gegani.

Apakah Sekar Gegani menyediakan asrama gratis?

Tidak. Akan tetapi jika diminta, kami dapat membantu anda mencarikan indekost selama belajar. Banyak indekost yang berlokasi sangat dekat dari Sekar Gegani, hanya 1-2 menit berjalan kaki dari kampus kami.

Berapa biaya hidup di Kota Malang?

Bervariasi, mulai dari Rp 500.000,- perbulan. Sebagai ilustrasi, biaya kos di Malang sekitar Rp 150.000,- sampai Rp 200.000,- perbulan, tergantung fasilitas dan lokasi kos. Biaya itu tidak termasuk cuci pakaian dan makan. Meskipun tidak termasuk biaya cuci pakaian, tetapi di beberapa rumah kos terdapat mesin cuci yang bisa digunakan bersama oleh penghuni kos. Jika anda lebih suka laundry, maka Anda dapat mencucikan pakaian di tempat laundry dengan biaya (cuci + setrika) rata-rata Rp 10.000,- per 5 Kg pakaian.
Untuk biaya makan bervariasi tergantung diri Anda sendiri. Anda dapat membeli makanan di warung / depot / pedagang kaki lima dengan biaya Rp 4.000 – Rp 10.000 permakan, atau Anda bisa berlangganan katering dengan biaya Rp 5.000 – Rp 10.000 perhari. Katering biasanya menjadi pilihan yang lebih ekonomis ketimbang membeli makanan di warung/depot.
 
 

Tentang Ikatan Kerja

Apakah saya akan ditempatkan bekerja setelah lulus?

Tidak. Kami tidak menempatkan anda bekerja setelah lulus, namun kami selalu memberikan informasi kepada anda setiap kali ada rekrutmen pekerjaan oleh perusahaan penerbangan. Perusahaan sering menghubungi kami untuk memberitahukan lowongan yang sedang tersedia. Seringkali lowongan yang diberitahukan kepada kami tidak dipublikasikan di media massa, sehingga hanya kalangan tertentu saja yang mengetahui lowongan tersebut.
Perlu kami informasikan bahwa meskipun kami tidak menjamin anda bekerja setelah lulus, tetapi fakta yang ada menunjukkan bahwa banyak peserta pelatihan kami telah direkrut bekerja di perusahaan penerbangan bahkan sebelum pelatihan kerja usai.

Tentang Sekar Gegani

Apakah Sekar Gegani memiliki cabang?

Tidak. Lembaga Pelatihan Kerja Sekar Gegani hanya terletak di Jl. Soekarno Hatta D511 Malang, Jawa Timur. Kami tidak memiliki cabang di kota lain di Indonesia, maupun melaksanakan pendidikan dan pelatihan di luar kampus kami di Malang.

Tahun berapa Sekar Gegani didirikan?

Sekar Gegani didirikan pada tahun 2006, dan memulai kegiatan pelatihan kerja pertama kali pada tahun yang sama.

Apa arti Sekar Gegani?

Sekar diambil dari kata dalam Basa Jawi sekar yang artinya "bunga".
Gegani diambil dari kata dalam Basa Jawi kuno gegana yang artinya "angkasa".
Sekar Gegani = bunga angkasa, sebuah metafora untuk "pramugari".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar